Gotong Royong Demi Petak Sawah

Saluran irigasi Silambanua yang mengairi persawahan untuk empat wilayah desa di Kecamatan Balige masing-masing Hutagaol Peatalun, Parsuratan, Hutabulu Mejan dan Baruara, pada musim tanam terakhir ini mulai tidak lancar.

Debit air, yang selama ini membasahi kerongkongan semua irigasi sekunder dan tertier , seperti dikeluhkan sejumlah petani sudah turun. Petani khawatir, jika air terus berkurang maka hasil panen bakal anjlok. Setelah ditelisik ternyata saluran saluran irigasi sepanjang 8 Kilometer ini sudah rimbun ditutupi semak belukar hingga banyak penyumbatan dan penyempitan.

Keluhan petanipun disampaikan kepada Kepala Desa masing-masing yang kemudian meneruskannya ke Camat Balige pada saat rapat rutin.(Setiap Jumat digelar rapat rutin).

Camat Budiyanto Tambunan, menyikapi permasalahan ini dengan serius. Ia menindaklanjuti dengan langsung mengagendakan satu hari gotong royong massal. Hari yang dipilih Rabu (11/6). Ia juga meminta bantuan 41 tentara dari Kompi Kipan A Simbisa Onan Sampang (didampingi Danki Kapten Simarmata), Koramil 17 Balige dan Polsek Balige.

Gayungpun bersambut. Acara singkat pemberangkatan gotong royong digelar di halaman Gereja HKBP Paindoan. Terlihat para petani sambil memegang sebagian peralatan seperti cangkul dan parang tampak serius menyimak arahan Camat yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Balige Ny Romayani Budiyanto Tambunan . Camat , berpesan , semangat gotong royong harus tetap dipelihara, selain untuk meringankan beban mencapai tujuan bersama, juga semakin meningkatkan persatuan dan kebersamaan sesama warga .Saat mendengar, tampak kaum tua muda, pria wanita semuanya bersemangat .Bekal makanan ringan semisal lappet (penganan terbuat dari tepung beras,khas Batak Toba) dan minuman teh manis atau kopi pun tidak lupa dibawa dari desa masing-masing

Untuk kelancaran gotong royong (gotroy) ini , tugas dibagi perkelompok desa. Setiap desa peserta dijatah untuk ‘diselesaikan’ . Sebelumnya aliran air dialihkan supaya pembersihan berjalan lancar.

Sampai tengah hari , di beberapa titik , pembersihan saluran telah selesai. Canda tawa khas desa kerap terlontar. Sehingga kepenatan petani tampak terobati . Apalagi masing-masing Kepala Desa turut hadir. Bahkan Kades Hutabulu Mejan di sela- sela gotroy menyempatkan mengabadikan dengan kamera digital miliknya, warga yang tengah bekerja mencangkul dan membabat semak. Sayang , Kades Baruara dan warga petaninya tidak hadir.Tapi itupun tidak mengurangi semangat mereka.

Hasilnya , semua titik lancar. Bahkan sejumlah bongkahan batu besar penghambat arus air dipecahkan warga dibantu tentara. Semua berteriak senang. Terbayang oleh petani, air bakal lancar mengisi petak-petak sawah.

Hanya saja setelah dievaluasi. Menurut petani Desa Parsuratan, masih tertinggal sekitar satu Km lagi kea rah hulu irigasi belum terselesaikan karena agenda gotroy telah berakhir lepas makan siang, pukul 13.00 WIB. Spontan petani mengusulkan kepada Kades Parsuratan Singa Tigor Simanjuntak dan Kades Hutagaol Peatalun Marhuta Hutagaol supaya merancang satu hari lagi gotroy dengan peserta dari dua desa tersebut, untuk menuntaskan pekerjaan yang tersisa. (rikardo simamora)

Keterangan foto 1. Camat tengah mengajak petani menggalakkan semangat gotong royong

2.Sebagian petani mendengar dengan serius tapi santai di halaman gereja.

3.Aksi membersihkan saluran irigasi, meski panas terik tidak peduli.tetap semangat.

3 responses to “Gotong Royong Demi Petak Sawah

  1. Terimakasih atas perhatian dari bapak camat ,semoga program ini jadi program rutin dari pemda, sukse selalu…hauma…..lancar airnya Gabe naniula…angka amang inang di huta

    horas

    camat : Terimakasih kembali.

  2. Salah satu warisan nenek moyang yang paling berharga adalah semangat gotong royong, yang pada akhir-akhir sudah semakin terlupakan dan terabaikan.

    Disamping menghasilkan sesuatu (phisik) , gotong royong sangat efektif untuk menciptakan rasa persaudaraan, kebersamaan, persatuan.

    Kami sangat yakin dengan kemampuan, kepribadian dan dedikasi yang dimiliki Pak Budyanto pasti dapat menumbuhkan kembali nilai-nilai semangat tersebut dalam membangun Kecamatan Balige.

    @dongansahuta
    camat : terima kasih atas atensinya. Mari kita bersama membangun Balige.

  3. Pupuk Hayati Ramah Lingkungan, Menghemat Pupuk Kimia Hingga 50%
    Formula Terbaru hasil rekayasa Bio Teknologi Modern.

    TIENS GOLDEN HARVEST berbahan aktif Mikroba Indegenous asli Indonesia ramah lingkungan (tidak mengandung logam berat As, Pb, Hg, Cd dan Mikroba Patogen, Salmonella SP) telah dipersiapkan serta dirancang untuk pembangunan dunia pertanian yang berkelanjutan.

    Bahwa perpaduan TIENS GOLDEN HARVES dengan pupuk kimia akan selalu dicari dan dibutuhkan petani karena sudah terbukti dan teruji (menjadikan produktivitas tinggi dan ramah lingkungan).

    Kandungan TIENS GOLDEN HARVEST :

    Azatobacter sp 2,0 x 107 – 105 sel/ml
    Mikroba pelarut fosfat 3,0 x 107 – 105 sel/ml
    Azospirillum sp 2,3 x 108 – 105 sel/ml
    Mikroba Pendegradasi Selulose 3,5 x 107 – 104 sel/ml
    Lactobacillus sp 1,5 x 104 – 103 sel/ml
    Pseudomonas sp 1,7 x 106 – 104 sel/ml
    P=34,70 ppm; K=1700 ppm C Organik=0,92%; N=0,04% FE=44,3ppm; Mn=0,23 ppm Cu 0,85 ppm Zn=3,7 ppm
    Keuntungan Menggunakan TIENS Golden Harvest
    1. Hasil Panen akan meningkat 20% s/d 50% dari biasanya (menjadi optimal)
    2. Penggunaan pupuk kimia lebih hemat 50% dari biasanya
    3. Mampu menguraikan pestisida (residu s/d 50%) dan mengurangi tumbuhnya gulma

    Untuk Perhatikan
    1. Penggunaan TIENS Golden Harvest jangan dicampur dengan pestisida / pupuk kimia
    2. Pemakaian TIENS Golden Harvest tidak boleh bersamaan dengan pupuk kimia, beri tenggang waktu 2 s/d 5 hari.
    3. TIENS Golden Harvest diberikan lebih dahulu 3 s/d 5 hari sebelum pupuk kimia ditaburkan.

    Harga Rp. 90.000/liter bisa untuk 1 hektar.
    Cukup Murah informasi klik : http://www.eriantosimalango.co.cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s