PN Balige diresmikan Ketua MA

Pengadilan Negeri (PN) Balige yang terletak di Jalan Patuan Nagari ini yang sebelumnya dikenal dengan PN Tarutung tempat sidang di Balige diresmikan oleh Ketua MA RI Bagir Manan , Jumat (18/7).
Dengan resminya operasional PN ini maka pelayanan hukum bagi warga khususnya Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Samosir dapat lebih baik lagi.

Kedatangan Bagir Manan ke Balige yang didampingi istri, disambut tokoh masyarakat setempat dengan memberikan “acara adat buangbulang” sebagai perhargaan tertinggi adat Batak kepada sosok yang dianggap sebagai pemimpin.

Sesaat sebelum mengunting pita dan meneken batu prasasti, Bagir Manan juga menyebutkan betapa sulitnya MA memperoleh tanah untuk lokasi pembangunan gedung PN di Tapanuli. “Masalah pembangunan sebenarnya adalah kesulitan anggaran tetapi di Tapanuli justru lebih sulit mendapat tanah, seperti halnya yang terjadi di Tarutung” katanya.

Bagir Manan dan istri diberi pakaian adat Batak.

Bagir Manan dan istri diberi pakaian adat Batak.

Dikatakan Ketua MA ini lagi, bahwa ia setuju dengan prinsip orang Batak supaya tidak menjual tanah yang bertujuan bagus untuk mempertahankan warisan .Namun untuk lokasi pendirian gedung pengadilan negeri, Bagir berharap supaya diberi kelonggaran.

PN Balige ini adalah Pengadilan Negeri Tarutung adalah salah satu PN tertua di Sumatera Utara yang sudah berdiri sejak zaman kolonial . Diresmikannya PN Balige ini maka menjadi PN ke 18 di wilayah hukum PN Medan Sumatera Utara. Jebolan PN ini ada yang pernah menjadi Hakim Agung yaitu : SO Nainggolan dan Edith L.Nababan.

Dalam acara ini dilantik juga Ketua PN Balige Avrist Siahaan SH dan wakilnya Natsir Simajuntak . Keduanya sebelumnya bertugas di PN Pematang Siantar.

Sehari sebelumnya, Ketua MA juga sudah meresmikan gedung Pengadilan Agama Pematang Siantar yang baru.
.
Menurut keterangan , seperti dikutip dari situs Pemkab Tobasa, pembangunan Kantor PN Balige yang baru direncanakan di lahan kawasan pembangunan terpadu yang terletak di Desa Lumban Pea Tambunan Kecamatan Balige.Sejak tahun 2005 yang lalu warga telah menyerahkan tanah seluas 56,94 Ha ini kepada Pemkab Toba Samosir.Selain tempat PN Balige , di lokasi ini direncanakan pembangunan pelabuhan, terminal, pasar dan pertokoan, perkantoran, taman wisata, fasilitas umum dan mini zoo.

Hadir di acara ini, Ketua Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan,Ketua PT Sumut Kimar Saragih Siadari ,SH ,Bupati Tobasa Monang Sitorus , Wakil Bupati Mindotua Siagian, Wakil Bupati Humbang Hasundutan Marganti Manullang, Wakil Bupati Samosir Ober Sagala , sejumlah anggota DPRD Tobasa dan Samosir.(rikardo simamora)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s