PKK kunjungi Lumban Silintong, desa wisata

pkk propsu saat supervisi

pkk propsu saat supervisi

“Karang taruna desa supaya turut menjaga keamanan dengan tidak ada mabuk-mabukan”kata Jhonny Siagian ,SH anggota Tim Supervisi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Propinsi Sumut di Desa Lumban Silintong ,Kecamatan Balige, Kab.Tobasa , Selasa (5/8 . Ketua Karang Taruna setempat Ranto Tampubolon , saat ditanya juga mengatakan anggotanya tidak ada terlibat hal meminum miras hingga mabuk.

Di hadapan perangkat desa Se-Kecamatan Balige, pejabat di Bapemas PropSu ini dan tiga supervisor lainya Ny Azis Siregar, Ny Wardiah dan Drs.Rukyat(Sekretaris PKK PropSu) hadir memberikan penyuluhan secara bergantian.

Menurut Jhonny, sehubungan dengan potensi wisata yang dimiliki desa ini, supaya Kades bersama warga menyadari pentingnya keindahan. Dicontohkan hal-hal sepele seperti menjemur pakaian jangan di halaman depan rumah tapi sebaiknya ditaruh di halaman belakang.Hal lainnya dikatakan supaya kegiatan karang taruna didaftarkan ke Dinas Sosial, diciptakan kegiatan -kegiatan produktif misalnya pembuatan kerambah ikan ,UEP dan pelaksanaan senam Lansia yang dibantu Dinas Kesehatan.

supervisor meninjau kantor desa

supervisor meninjau kantor desa

Hal lainya , tim berpesan dalam supervisi ini diminta pengadaan papan himbauan, peningkatan kebersihan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus ada, koperasi, peningkatan program Sapta Pesona, pembenahan lembaga-lembaga desa sesuai dengan PP No 5 Tahun 2007,tetap menjaga keamanan dan melaksanakan penanaman pohon di sekitar pinggir jalan sebelah kanan tepi Danau Toba. Pesan lainnya adalah kepada tim penggerak PKK setempat agar melaksanakan sebaik-baiknya program PKK . Diharapkan pada saat evaluasi nanti , desa ini sudah ada peningkatan dan benar-benar siap menjadi desa obyek wisata.

Desa Lumban Silintong merupakan desa menuju obyek wisata , beberapa bulan belakangan ini memang sudah mulai berbenah . Hal sesuai dengan laporan Kades Lumban Silintong Kastel Siahaan, bahwa desa yang dipimpinnya telah ditetapkan menjadi desa percontohan PKK menuju obyek wisata Tahun 2008 yang ditetapkan dengan keputusan Camat Balige Nomor 02 Tahun 2008, tanggal 3 Januari dan keputusan Bupati Tobasa Nomor 05 Tahun 2008, tanggal 9 Januari 2008.

” Dengan ditetapkannya menjadi desa percontohan maka warga desa telah merasakan manfaatnya antara lain pengetahuan , wawasan semakin bertambah karena keterampilan masyarakat meningkatkan pentingnya kesehatan dan pendidikan , memanfaatkan lahan pekarangan,pemeliharaan lingkungan yang bersih dan semuanya itu pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa ini terutama di bidang pariwisata,” kata Kades Kastel Siahaan.

sekcam humisar napitupulu menutup acara

sekcam humisar napitupulu menutup acara

Hadir dalam acara ini,Kakan PMD Gunadi Napitupulu, Camat Balige diwakili Sekretaris Camat Humisar Napitupulu, Mewakili Kapolsek Iptu Siagian, Danramil Balige Kapt.(Inf).P.Siahaan , Ketua TP PKK Balige Ny Romayani Budiyanto Tambunan dan sejumlah staf Pemkab Tobasa.

Setelah acara berakhir,tim supervisi meninjau Kantor Kades . Setelah itu berangkat menuju Kabupaten Humbang Hasundutan. (rikardosimamora)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s