Eks Karsitex, Hotel Dizon Balige dieksekusi

eks Hotel Dizon sebelum eksekusi

eks Hotel Dizon sebelum eksekusi

Bekas Firma Karsitex (Karel Sianipar Textil) yang terletak di Jalan TD Pardede Balige dieksekusi oleh Pengadilan Negeri (PN) Tarutung , Rabu (13/8 . Selain lokasi bekas Firma ini , turut dibongkar bangunan bekas Hotel Dizon dan Rumah makan Berkah yang berdekatan dengan lokasi ini.Proses eksekusi ini sempat menuai protes dari pemilik dua bangunan ini. Mereka menilai bekas Hotel dan Rumah makan ini tidak ikut dalam perkara. Namun akhirnya sekitar pukul 14.45 WIB kedua bangunan inipun sudah diratakan oleh exacavator milik Pemkab. Dengan demikian Pemerintah menjadi pemilik lokasi ini.


Sebelum eksekusi,Panitera muda perdata PN Tarutung Anderson Sijabat,SH membacakan Nomor 05/Eks/2008/09/PDT.G/2002/PN.TRT yang menyebutkan permohonan eksekusi dari Timbul Hutajulu,SH selaku kuasa hukum Drs.Monang Sitorus,SH,MBA tanggal 31 Oktober 2006 yang memohon agar PN Tarutung melaksanakan isi putusan PN Tarutung tahun 2002, putusan PT Medan Tahun 2003 dan putusan MA RI tanggal 13 September 2005 Nomor :241 K/PDT/2005 dalam perkara antara: Pemerintah Republik Indonesia cq.Menteri Dalam Negeri di Jakarta ,cq.Gubernur Prop.Sumut ,Cq Bupati Toba Samosir di Balige sebagai Penggugat intervensi/terbanding/termohon kasasi I juga Pemohon Kasasi II/Pemohon Eksekusi lawan 1.Charles Pardede sebagai Penggugat/Tergugat Intervensi I/Terbanding II/pemohon Kasasi I juga termohon Kasasi II/Termohon Eksekusi; 2. Drs.Mitsu Batumamak Sianipar Dkk sebagai Para Tergugat /para pembanding/para turut termohon kasasi/para termohon eksekusi.

eks Karsitex dibongkar exacavator

eks Karsitex dibongkar exacavator

Dilanjutkan dengan menyebutkan pokok perkara : mengabulkan gugatan penggugat untuk sebagian, menyatakan penggugat adalah termasuk keturunan/pomparan/ahli waris Alm.Raja Bonanionan Pardede, menyatakan Surat perjanjian tanah tanggal 19 Mei 1962 antara keturunan/ahli waris Alm.Raja Bonanionan Pardede dengan Pemerintah Daerah Tingkat II Tapanuli Utara adalah sah dan berharga, menyatakan perbuatan para Tergugat yang memohonkan tanah perkara menjadi hak miliknya adalah perbuatan melawan hukum serta menyatakan sertifikat yang dimiliki para tergugat tidak berharga dan berkekuatan hukum.
Setelah selesai membaca. Pihak Tergugat mengajukan protes atas turutnya dua bangunan bekas rumah makan Berkah dan Hotel Dizon dieksekusi. Namun pihak panitera mempersilahkan mereka untuk menempuh jalur pengadilan.

protes dari pemilik bangunan hotel dan rumah makan

protes dari pemilik bangunan hotel dan rumah makan

Hasil amatan,proses eksekusi berjalan aman- dan dikawal aparat dibantu satpol PP- dimulai dengan membongkar eks bangunan Karsitex di lokasi belakang eks Hotel Dizon. Tampak Kapolres Tobasa AKBP F.Samosir , Kabag Hukum Pemkab Tobasa Tito Siahaan,SH,Camat Balige Budiyanto Tambunan, Kapolsek Balige AKP.H .Sinaga dan Danramil Balige Kapt.(Inf) P.Siahaan. Seratusan warga juga tampak menonton proses eksekusi ini.

Sehari sebelumnya, pemilik rumah makan dan hotel yang merupakan penyewa sudah mengosongkan tempat itu.
Lokasi tanah dan bekas bangunan yang dieksekusi ini terletak di kelurahan Pardede Onan , Kecamatan Balige , Kabupaten Tobasa dengan batas-batas sebagai berikut:
Sebelah Timur : Lumban Jabi-Jabi Pardede

lokasi,setelah dieksekusi

lokasi,setelah dieksekusi

Barat : Jalan Pelabuhan
Selatan : Parit Arah Jalan Tarutung (kantor PN Balige)
Utara : PLN dan Parit Arah Jalan Danau Toba.

Menurut info,lokasi ini sudah puluhan tahun kosong tetapi dua bangunan lainnya disewakan . Sebelum menjadi Hotel dan Rumah makan, tempat ini disewakan untuk rumah tempat tinggal. (rikardo simamora)

2 responses to “Eks Karsitex, Hotel Dizon Balige dieksekusi

  1. ini hotel dizon yg satu2-nya itukan ?
    saya pernah nginep disitu.

  2. @andi
    betul mas. tapi kalo ke balige lain waktu masih ada ‘dizon’ kedua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s